PIZZA ARSIK ANDALIMAN

  • Jun 10, 2024

Olahan  makanan yang dikelola langsung oleh Masyarakat Desa Pangombusan ini berupa Pizza Andaliman yang launching di Kecamatan Parmaksian Pada Tahun 2022 lalu, dan mendapatkan banyak apresisasi dari Forkopinda dan Forkopinca. Bahkan Humas PT. TPL sebagai pihak ketiga, memberikan bantuan Dana kepada UMKM ini untuk meningkatkan kualitas dan penjualannya.

            Pizza   Andaliman ini dibagi menjadi 2 (dua) variasi yaitu Pizza Arsik Andaliman dan Pizza Andaliman dengan variasi (sosis, jamur dan lainnya). Kenapa Pizza ini Istimewa? Pizza Arsik Andaliman adalah pizza yang dibuat seperti pizza biasa tetapi diberi bahan  dari Ikan arsik (masakan ciri khas Batak). Ikan mujahir atau ikan mas yang sudah dimasak dengan cara Arsik terlebih dahulu, lalu daging ikan tersebut dibuat menjadi bahan pizza arsik andaliman. Rasa khas andaliman yang merupakan bumbu utama dengan cara arsik akan terasa pada pizza yang diolah, maka rasa tradisional (arsik) dipadukan dengan rasa modern (rasa pizza umumnya) berpadu menjadi satu. Kerjasama pemerintah dengan PKK dan pihak ketiga untuk mendukung pengembangan UMKM ini.

Kenapa Pizza ini Istimewa? Pizza Arsik Andaliman adalah pizza yang dibuat seperti pizza biasa tetapi diberi bahan  dari Ikan arsik (masakan ciri khas Batak). Ikan mujahir atau ikan mas yang sudah dimasak dengan cara Arsik terlebih dahulu, lalu daging ikan tersebut dibuat menjadi bahan pizza arsik andaliman.